Minggu, 23 Desember 2018

Air Cooler: Kipas Angin AC Portabel


Tinggal di wilayah Indonesia yang beriklim tropis tentunya membuat anda tidak asing lagi dengan cuaca yang cenderung panas sepanjang hari. Penggunaan alat pendingin ruangan juga tentunya sangatlah umum ditemukan di wilayah beriklim tropis. Tidak hanya di kantor atau pusat perbelanjaan saja, di zaman sekarang ini, alat pendingin ruangan juga lazim digunakan di rumah, tentunya demi kenyamanan bersama untuk penghuni rumah.

Beberapa alat pendingin yang lazim digunakan di rumah adalah kipas (termasuk di dalamnya kipas manual yang digerakkan dengan tangan ataupun kipas angin otomatis) dan juga air conditioner yang  biasa kita singkat dengan sebutan AC. Tapi, tahukah anda tentang alat pendingin ruangan yang bernama air cooler, atau biasa kita sebut dengan kipas angin ac portabel?

Kipas angin ac atau air cooler merupakan salah satu alat pendingin ruangan yang memiliki fungsi serupa tapi tak sama dengan alat pendingin ruangan lainnya. Air cooler dan alat pendingin ruangan lain mempunyai fungsi untuk menurunkan suhu pada suatu ruangan, namun air cooler atau kipas angin ac ini menurunkan suhu ruangan dengan cara menghembuskan udara sejuk di ruangan tersebut. Sebuah kipas angin ac dapat menurunkan suhu suatu ruangan hingga kisaran 5° Celcius, lebih sejuk daripada saat anda menggunakan sebuah kipas angin konvensional.

Selain fungsi utamanya yang menyejukan ruangan, kebanyakan air cooler atau kipas angin ac ini bisa juga digunakan untuk melembabkan udara di sekitar dengan proses penguapan. Ukuran dari alat pendingin ruangan ini juga cenderung lebih kecil dan pada umumnya memiliki roda di bagian bawah, karena itulah dia disebut sebagai kipas angin ac portabel karena memang sangat mudah untuk dibawa dan dipindahkan kemana saja. Desain dari alat pendingin kipas angin ac portabel ini juga sangat beragam dan dapat juga menjadi sebuah aksen dekorasi di rumah anda. Tinggal pilih saja, anda mau desain yang minimalis atau futuristik untuk rumah anda.

Selain ukuran yang cenderung lebih kompak dan ringkas, air cooler atau kipas angin ac portabel ini juga cenderung hemat listrik dan tidak memakan konsumsi listrik besar seperti kebanyakan alat pendingin ruangan, cocok untuk anda yang memiliki bajet terbatas untuk konsumsi listrik bulanan, namun tetap menginginkan alat pendingin ruangan demi kenyamanan hidup anda. Perawatan sebuah kipas angin ac portabel juga sangatlah mudah dan sangat memungkinkan untuk anda lakukan sendiri di rumah. 

Anda pasti cukup penasaran kan mengapa kipas angin ac portabel ini dibilang menyejukkan dan tidak mendinginkan ruangan? Hal ini karena kipas angin ac portabel atau air cooler memang tidak dapat menurunkan temperatur ruangan secara drastis, seperti yang sudah dibilang sebelumnya, air cooler atau kipas angin portabel bisa menurunkan suhu ruangan hingga 5° Celcius saja. Penurunan suhu sebanyak 5° Celcius mungkin dalam satuan angka terlihat sedikit, namun kesejukan sebanyak 5° Celcius lebih rendah ini tentunya sudah cukup memberikan anda kenyamanan untuk berada di ruangan meskipun cuaca di luar sedang sangat panas dan terik.

Air cooler atau kipas angin ac portabel juga memiliki satuan yang menyatakan seberapa luas jangkauan sebuah alat penyejuk ruangan ini bekerja, satuan ini disebut dengan air flow. Air flow ini lah yang menentukan seberapa besar atau seberapa luas jangkauan angin yang dihasilkan oleh sebuah kipas angin ac portabel. Setiap air cooler tentunya mempunyai jangkauan air flow yang berbeda, tergantung dari jenis air cooler nya itu sendiri.

Kipas angin ac portabel ini merupakan salah satu pilihan tepat bagi anda yang menginginkan kenyamanan udara sejuk di tempat anda melakukan berbagai aktivitas namun memiliki ruang dan bajet yang terbatas. Begitupun jika anda tidak ingin menggunakan alat pendingin yang membutuhkan daya listrik rendah, kipas angin ac portabel dapat menjadi pilihan utama anda.

Bagaimana, setelah mengetahui lebih jauh tentang air cooler yang kita kenal juga dengan kipas angin ac portabel ini, sudah cukup tertarik kah anda untuk menggunakan air cooler sebagai pilihan alat pendingin ruangan?

0 komentar:

Posting Komentar